Minggu, 26 Agustus 2012

Kebakaran Di Jatinegara Kaum Pulo Gadung

Petugas Damkar sedang memadamkan api yang melanda di sejumlah bangunan di Jatinegara Kaum Pulo Gadung, Sabtu pagi 25/08/2012
JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang melanda 11 bangunan di Jalan Raya Bekasi Timur, RT 02 RW 3, Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (25/8/2012) pagi disebabkan hubungan arus pendek kabel listrik. Kabel tersebut diketahui dalam kondisi terkelupas sehingga menimbulkan percikan api.

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Jakarta Timur, AKP Diah Tin Agustina mengatakan, kabel tersebut merupakan kabel tiang listrik yang berada tepat di depan sebuah warung makanan milik Ibu Mur. Karena saling bergesekan, percikan api pun muncul dan jatuh di warung rokok, persis di bawah tiang listrik.

"Penyebabnya korsleting dari gesekan kabel dari atap warung. Asal apinya dari sana. Mungkin kabelnya luka (terkelupas) akibat tergesek sama seng," ujarnya di lokasi kejadian.

Api baru diketahui warga setempat sekitar pukul 08.00 WIB. Sebagian warga berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri, sementara warga lainnya langsung berusaha memadamkan api menggunakan air seadanya hingga 16 mobil pemadam kebakaran terjun memadamkan api. Api yang terlanjur membesar merembet ke sebuah warung telekomunikasi yang berada di samping warung makanan.

Tak hanya itu, api turut melahap enam kontrakan milik Soleh yang berada di belakangnya, sebuah mushalla, sebuah bengkel motor dan sebuah toko mebel. Total, ada 11 bangunan yang diamuk api. Kebanyakan pemilik bangunan, diketahui tengah mudik ke kampung halaman.

Kerugian atas musibah tersebut diperkirakan ratusan juta rupiah. Berdasarkan pantauan di lokasi kebakaran, api berhasil dipadamkan pukul 09.05 WIB. Petugas masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Akibat kebakaran tersebut, ruas Jalan Raya Bekasi Timur dari Klender mengarah ke Pulogadung, ditutup, karena mobil Damkar masih berada di lokasi. Sementara, warga setempat tampak masih melihat-lihat sisa kebakaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar